Jasa Arsitek Jogja : Berapa Biaya Jasa Arsitek? Cek Harganya!

Biaya Jasa Arsitek

Biaya Jasa Arsitek | Ketika ingin membangun sebuah bangunan pasti kita mempunyai bayangan bangunan yang seperti apa yang akan kita bangun. Atau justru tidak ada bayangan sama sekali bentuk bangunan maupun layout ruangan yang akan direncanakan. Untuk mewujudkannya, diperlukan jasa arsitek yang profesional dan berpengalaman, agar bangunan yang akan dibangun memiliki desain yang baik secara bentuk maupun layak huni (indah, aman, dan nyaman).

Tapi banyak dari kita sering bertanya-tanya berapa biaya jasa arsitek tersebut? Apakah mahal? atau justru murah? mahal dan murah tergantung dari desain yang diinginkan. Dengan perhitungan sederhana dari kami, anda akan dapat memperkirakan biaya jasa arsitek tersebut.

Perhitungannya ada dua cara yang nantinya akan kami bahas. Sebelumnya mari kita buat asumsi terlebih dahulu sebagai berikut:

  • Luas Tanah 120 m2 (8×15 m)
  • Luas Bangunan yang diinginkan 100 m2 (dua lantai)
  • Bangunan berupa rumah tinggal

1. Biaya Jasa Arsitek Berdasarkan Persentase dari Rencana Anggaran Biaya

Yang pertama dilakukan adalah menghitung besaran biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah bangunan. Dari asumsi diatas direncanakan akan dibangun sebuah bangunan rumah tinggal dua lantai dengan luas total bangunan 100 m2. Sedangkan biaya membangun rumah tersebut adalah 3.500.000/m2 (tiga juta lima ratus ribu rupiah per meter persegi). Sehingga diketahui total biaya membangun rumah : 100 x 3.500.000 = Rp. 350.000.000, (tiga ratus lima puluh juta rupiah).

Selanjutnya adalah mencari persentase biaya dari tabel perhitungan imbalan jasa arsitek yang dikeluarkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Di dalam tabel tersebut diketahui bahwa untuk rumah tinggal termasuk dalam kategori 3 dan diketahui biaya nilai membangun rumah tersebut adalah 350 juta dibawah 1 miliar maka persentasenya adalah 6,48%. Sehingga biaya dari jasa arsitek tersebut adalah 350.000.000 x 6,48% = 22.680.000.

 

2. Biaya Jasa Arsitek Berdasarkan Per Meter Persegi dari luas Bangunan yang akan Didesain

Selain dengan cara persentase dari total nilai membangun bangunan seperti diatas, cara lainnya adalah dengan cara menghitung biaya jasa arsitek melalui hitungan per meter persegi luas total bangunan yang akan didesain.

Sama menggunakan perhitungan diatas diketahui bahwa harga biaya jasa arsitek diatas adalah 22.680.000, maka harga permeternya adalah 22.680.000/100 = 226.800,- (dua ratus dua puluh enam ribu delapan ratus rupiah). Pada umumnya biaya jasa arsitek dipasaran berkisar antara 200-750 ribu/m2. Tetapi dalam kenyataanya banyak juga dari beberapa arsitek yang menawarkan jasanya dengan tarif dibawah dari kisaran harga tersebut. Tergantung dari tingkat kesulitan dan pengalaman dari arsitek tersebut.

 

Paket Biaya Jasa Arsitek

Dengan dua cara tersebut maka anda akan mudah memperkirakan biaya jasa arsitek yang akan digunakan. Tetapi banyak juga yang menawarkan paket jasa desain yang tidak kalah menariknya. Seperti yang dilakukan banyak konsultan dengan memberikan paket murah bahkan gratis mendesain sebuah bangunan atau rumah tinggal tetapi pada saat membangunnya menggunakan kontraktor atau pemborongnya dari mereka juga. Sehingga mereka mengambil keuntungan dari membangun bangunan tersebut. Biasanya, kebanyakan dari tawaran tersebut kualitas dari desainnya sangat tidak baik dan terlihat asal-asalan tanpa melihat estetika, kenyamanan dan keamanan si penghuni.

Untuk biaya jasa arsitek yang profesional dan berpengalaman anda bisa melihat biaya tersebut di : arsitekperencana.com/. Kami akan memberikan penawaran terbaik tanpa mengurangi kualitas desain. Kami akan menjadi mitra yang profesional dan memiliki tim yang sangat berpengalaman. Silahkan hubungi kami di :

Jasa Arsitek

Telp. & WA 08122697272

HSHN Architect

Bagikan :

Tinggalkan Balasan